Translate

20140919

Perubahan yang Memulihkan

Yoel 2:18-27 




* Perikop ini berisi tentang janji Tuhan kpd umat-Nya melalui Nabi Yoel, bila mereka bertobat Tuhan akan memulihkan mereka.

* Janji Tuhan ini didasari krn Tuhan berbelas kasihan kpd umat-Nya. Dan Tuhan tdk tega melihat tanah Israel gersang sedangkan bangsa2 lain tanahnya subur. Sehingga Tuhan akan bertindak bila umatnya bertobat.

Demikian kata Yoel : "TUHAN menjadi cemburu karena tanah-Nya, dan Ia belas kasihan kepada umat-Nya." (ay 18)

Janji Tuhan ini menyangkut tiga hal, yaitu:

1. Janji pemulihan tanah (ay 21-23)

~> seperti yg dikatakan demikian»»
21 Jangan takut, hai tanah, bersorak-soraklah dan bersukacitalah, sebab juga TUHAN telah melakukan perkara yang besar!
22 Jangan takut, hai binatang-binatang di padang, sebab tanah gembalaan di padang gurun menghijau, pohon menghasilkan buahnya, pohon ara dan pohon anggur memberi kekayaannya.
23 Hai bani Sion, bersorak-soraklah dan bersukacitalah karena TUHAN, Allahmu! Sebab telah diberikan-Nya kepadamu hujan pada awal musim dengan adilnya, dan diturunkan-Nya kepadamu hujan, hujan pada awal dan hujan pada akhir musim seperti dahulu.

~> tanah bagi orang Israel punya arti yg penting dan menyangkut masa depan umat.
~ Tanah adalah milik Tuhan, namun diberikan kpd umatNya, yaitu tanah kanaan. Karena itu hrs dijaga, tdk boleh dijual ttp hrs diwariskan dari generasi ke generasi. Memiliki tanah berarti memiliki masa depan.
~ tanah kanaan adalah gambaran tanah air surgawi, krn itu dilukiskan dgn istilah berlimpah susu dan madunya.
~ tanah israel yg gersang akibat serbuan belalang dan tentara musuh akan dipulihkan oleh Tuhan.

*  Janji pemulihan tanah ini dapat kita gambarkan seperti di padang gurun yg dimana tidak ada tumbuhan dan harapan untuk kehidupan namun tiba2 keluar mata air atau oase di padang gurun itu, sehingga gurun itu menjadi tempat yg subur dan menjadi sumber kehidupan bagi makhluk hidup.

* Janji pemulihan thd tanah ini, mengingatkan dan memperingatkan kita bahwa tanah, bumi ini adalah milik Tuhan yg diberikan kpd kita untuk dijaga dan dipelihara kesuburannya shg menjamin kelestarian alam dan kehidupan.
* menjaga tanah berarti menjaga hidup dan kehidupan, sebaliknya merusak tanah berarti merusak masa depan dan kita hrs bertanggungjawabkannya kpd Tuhan.
* Dalam iman kpd Tuhan Yesus, kita adalah ahli waris dari tanah air surgawi.

2. Janji pemulihan kesejahteraan umat  (ay 2:19-20, 24-26)

Seperti yg dikatakan ayat2 berikut:

19 TUHAN menjawab, kata-Nya kepada umat-Nya: "Sesungguhnya, Aku akan mengirim kepadamu gandum, anggur dan minyak, dan kamu akan kenyang memakannya; Aku tidak akan menyerahkan kamu lagi menjadi cela di antara bangsa-bangsa.
20 Yang datang dari utara itu akan Kujauhkan dari padamu, dan akan Kuusir ke suatu negeri kering dan tandus, barisan mukanya ke laut timur, dan barisan belakangnya ke laut barat, maka bau busuknya dan bau anyirnya akan naik, sebab ia telah melakukan perkara yang besar.
24 Tempat-tempat pengirikan menjadi penuh dengan gandum, dan tempat pemerasan kelimpahan anggur dan minyak.
25 Aku akan memulihkan kepadamu tahun-tahun yang hasilnya dimakan habis oleh belalang pindahan, belalang pelompat, belalang pelahap dan belalang pengerip, tentara-Ku yang besar yang Kukirim ke antara kamu.
26 Maka kamu akan makan banyak-banyak dan menjadi kenyang, dan kamu akan memuji-muji nama TUHAN, Allahmu, yang telah memperlakukan kamu dengan ajaib; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya.

* Ada dua keluarga yg rumahnya habis krn kebakaran, tidak ada yg tersisa kecuali pakaian yg melekat. Tapi dlm waktu yg tidak terlalu lama, Tuhan memulihkan keadaannya. melalui bantuan yg datang dari berbagai pihak, rumah itu dibangun lagi dan kondisinya menjadi jauh lebih baik dari yg lalu. Dan mereka tidak mengalami kelaparan, sebaliknya mereka merasakan kecukupan setelah peristiwa kebakaran itu.

* Dlm kehidupan kita bisa mengalami keterpurukan. Bisa keterpurukan itu diakibatkan krn dosa dan kejahatan kita, namun bisa juga memang ujian bagi iman kita. Dlm kondisi seperti itu bisa saj kita putus asa, kehilangan harapan.
* Firman Tuhan ini berbicara pd pada kita bhw Tuhan sanggup memulihkan kita.
* Bila keterpurukan itu krn dosa, bertobatlah maka Tuhan akan memulihkan kita bahkan menyelamatkan kita di dlm Kristus.
* Bila krn ujian iman, bertahanlah dan tetap setia, Tuhan sanggup menopang dan menjadikan kita pemenang bersama dgn Kristus.
* Apa pun kondisi kita, Ingat jangan menyerah, Tuhan akan memulihkan.

3. Janji pemulihan kerohanian, pemulihan hubungan umat dgn Tuhan (ay 27)

27 Kamu akan mengetahui bahwa Aku ini ada di antara orang Israel, dan bahwa Aku ini, TUHAN, adalah Allahmu dan tidak ada yang lain; dan umat-Ku tidak akan menjadi malu lagi untuk selama-lamanya."

* umat akan tahu bhw Tuhan ada di tengah umat (imanuel)
* Tuhan menjadi satu2nya Allah bagi umat-Nya, tidak ada yang lain.

Jadi kesimpulannya adalah bahwa yg membuat umat berkelimpahan adalah krn tanah yg dipulihkan, dan tanah menjadi pulih adalah krn Tuhan yg hadir di tengah umatNya krn Tuhan disembah sbg satu2nya Allah, tdk ada yg lain.

* Hubungan Tuhan dan umat seperti orang yg menikah. bila kita setia dan hanya mencintai pasangan kita maka ia pun akan tetap bersama kita. Tapi bila kita mendua hati, bahkan men-tiga hati pasti pasangan kita pun tdk nyaman tinggal bersama kita. Akhirnya ia akan meninggalkan kita.

* seperti itulah sebenarnya hubungan kita dgn Tuhan.
Bila kita setia dan hnya menyembah Tuhan, tdk ada yg lain, maka Tuhan akan selalu tinggal bersama kita. Itulah artinya Immanuel.
* dan kehadiran Tuhan itu membawa damai sejahtera/syalom.

Contoh suasana syalom itu  seperti yg dilukiskan dlm kitab Yesaya 11:6-8
6 Serigala akan tinggal bersama domba dan macan tutul akan berbaring di samping kambing. Anak lembu dan anak singa akan makan rumput bersama-sama, dan seorang anak kecil akan menggiringnya.
7 Lembu dan beruang akan sama-sama makan rumput dan anaknya akan sama-sama berbaring, sedang singa akan makan jerami seperti lembu.
8 Anak yang menyusu akan bermain-main dekat liang ular tedung dan anak yang cerai susu akan mengulurkan tangannya ke sarang ular beludak.

* Kehadiran Tuhan sudah digenapi dgn kehadiran Yesus di dunia ini. tapi kehadiran yg sepenuhnya akan kita alami di Tanah Air Surgawi nanti, dimana kita tinggal bersama Tuhan selamanya.

* Tapi bila di dunia ini kita tidak setia kpd Tuhan, kita mendua hati, tdk sungguh2 menyembah Tuhan, maka Tuhan tdk akan tinggal bersama kita. Kalau Tuhan tdk tinggal bersam kita maka tdk ada damai sejahtera, melainkan kehidupan
kita spt di padang gurun yg tandus.

*** Maukah kita mengalami kehadiran Tuhan dlm hidup kita? Maukah kita dipulihkan oleh Tuhan? Jadikanlah Tuhan sbg satu2nya Allah yg kita sembah, tdk ada yg lain. Amin.

HR, wil.sept 2014

Tidak ada komentar: