Translate

20141103

Pelayanan dalam Penderitaan

Kolose 1:19-29

Pelayanan dalam penderitaan!
Siapa yg mau melayani dlm penderitaan? Atau melayani meski menderita?
* Rasanya harus pikir2 dulu ya . . .
Krn tidak melayani saja dlm hidup ini kita sudah cukup menderita; di rumah, di tempat kerja, di sekolah, di masyarakat (mengalami diskriminasi) dan banyak lagi penderitaan yg mungkin kita hadapi.
Jadi masa melayani di gereja masih harus menderita juga?
Tapi itulah kenyataannya, melayani Tuhan, melayani jemaatNya, dan melayankan Injil harus siap untuk menderita!
Mengapa . . . ?
Krn pelayanan ini adalah upaya membawa bahkan merebut orang2 yg dlm kegelapan dosa kpd terang Allah. Dari seteru Allah menjadi damai dgn Allah. Membawa orang2 yg akan binasa kpd keselamatan.
Pelayanan spt ini membutuhkan pengorbanan, kesungguhan dan kerja keras yg luar bisa, karena . . .
Efesus 6:12  karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.

* Pelayanan dlm penderitaan ini, pertama2 diteladankan oleh Yesus sendiri (ay 19-23)
+ sekalipun kepenuhan Allah diam dlm diri Yesus namun Ia harus menderita di salibkan demi mendamaikan sgl sesuatu dgn Allah, baik yg di bumi maupun yg di sorga.
Kolose 1:19-20
19 Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam di dalam Dia,
20 dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
+ Jemaat kolose yg dulu jauh dari Allah, memusuhi Allah dan hidup jahat didamaikan Allah dan dikuduskan dgn kematian Kristus . . .
Kolose 1:21-22
21 Juga kamu yang dahulu hidup jauh dari Allah dan yang memusuhi-Nya dalam hati dan pikiran seperti yang nyata dari perbuatanmu yang jahat,
22 sekarang diperdamaikan-Nya, di dalam tubuh jasmani Kristus oleh kematian-Nya, untuk menempatkan kamu kudus dan tak bercela dan tak bercacat di hadapan-Nya.
UNTUK MEMENANGKAN JEMAAT, YESUS HARUS MENDERITA:
@ Ia harus mengosongkan diri sbg Allah menjadi hamba, taat sampai mati dan disalibkan.
Filipi 2:6-8
6 yang walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan,
7 melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia.
8 Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.
@ Ia menderita krn dlm pelayanannya, bukan kehendakku (sbg manusia) tapi kehendakMu yg jadi (ingat pergumulan di getsemani, penderitaan menjelang sampai saat disalibkan . . .)
Aplikasi:
* banyak orang yg melayani pekerjaan Tuhan tapi tdk menyadari hal ini, tdk meneladani Yesus dlm melayani:
# bukan mengosongkan diri shg melayani dgn kerendahan hati sbg hamba . . .
Tetapi justru membawa segala kebesaran diri . . .; jabatan di perusahaan, kebesaran meresa lebih pandai, lebih mapan dlsbg.
Shg yg terjadi bukan melayani sbg hamba, tetapi melayani sbg tuan . . .
(makanya muncul banyak benturan krn masing2 ingin memerintah bukan melayani, masing2 cari kuasa bukan merendahkan diri . . .)
# melayani bukan yg Tuhan kehendaki tapi yg saya kehendaki, bukan yg Tuhan mau tapi yg saya mau . . .
Itulah sebabnya dlm pelayanan kita sering memaksakan kehendak. Kalau kehendak kita tdk dilaksanakan, kita jadi marah, ngambek, mundur pelayanan dlsb.
Saudara . . .  Dlm melayani pekerjaan Tuhan untuk memenangkan jiwa, kita harus meneladani Yesus.
** Inilah yg dilakukan Paulus dlm pelayanannya, yaitu meneladani Yesus, siap menderita u memenangkan jiwa (ay 24-29)
+ Paulus rela menderita bahkan bersukacita boleh menderita dlm melayani jemaat Tuhan sbg pemberita firman u orang bukan Yahudi.
Kolose 1:24-25
24 Sekarang aku bersukacita bahwa aku boleh menderita karena kamu, dan menggenapkan dalam dagingku apa yang kurang pada penderitaan Kristus, untuk tubuh-Nya, yaitu jemaat.
25 Aku telah menjadi pelayan jemaat itu sesuai dengan tugas yang dipercayakan Allah kepadaku untuk meneruskan firman-Nya dengan sepenuhnya kepada kamu,
+ Ia bersukacita sekalipun menderita karena Kristus terbuka bagi semua orang, dan Ia diam di hati setiap orang yg percaya.
Kolose 1:26-27
26 yaitu rahasia yang tersembunyi dari abad ke abad dan dari turunan ke turunan, tetapi yang sekarang dinyatakan kepada orang-orang kudus-Nya.
27 Kepada mereka Allah mau memberitahukan, betapa kaya dan mulianya rahasia itu di antara bangsa-bangsa lain, yaitu: Kristus ada di tengah-tengah kamu, Kristus yang adalah pengharapan akan kemuliaan!
+ untuk membawa setiap orang kpd Kristus, Paulus hrs menderita dgn sgl upaya yg sungguh untuk memberitakan, menasihati, mengajari tiap2 orang u bertumbuh dewasa dlm iman kpd Kristus.
Kolose 1:28-29
28 Dialah yang kami beritakan, apabila tiap-tiap orang kami nasihati dan tiap-tiap orang kami ajari dalam segala hikmat, untuk memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus.
29 Itulah yang kuusahakan dan kupergumulkan dengan segala tenaga sesuai dengan kuasa-Nya, yang bekerja dengan kuat di dalam aku.
+ kita tahu bahwa u memenangkan jiwa kpd Tuhan, Paulus banyak mengalami penderitaan . . .
2 Korintus 11:23-28
23 Apakah mereka pelayan Kristus? — aku berkata seperti orang gila — aku lebih lagi! Aku lebih banyak berjerih lelah; lebih sering di dalam penjara; didera di luar batas; kerap kali dalam bahaya maut.
24 Lima kali aku disesah orang Yahudi, setiap kali empat puluh kurang satu pukulan, 
25 tiga kali aku didera, satu kali aku dilempari dengan batu, tiga kali mengalami karam kapal, sehari semalam aku terkatung-katung di tengah laut.
26 Dalam perjalananku aku sering diancam bahaya banjir dan bahaya penyamun, bahaya dari pihak orang-orang Yahudi dan dari pihak orang-orang bukan Yahudi; bahaya di kota, bahaya di padang gurun, bahaya di tengah laut, dan bahaya dari pihak saudara-saudara palsu. 
27 Aku banyak berjerih lelah dan bekerja berat; kerap kali aku tidak tidur; aku lapar dan dahaga; kerap kali aku berpuasa, kedinginan dan tanpa pakaian,
28 dan, dengan tidak menyebut banyak hal lain lagi, urusanku sehari-hari, yaitu untuk memelihara semua jemaat-jemaat.
Pelayanan Paulus yg penuh derita spt kisah pejuang Masai di pedalaman  Afrika yg bernama Yoseph.
* ia mengenal Tuhan melalui seorang penginjil.
* ia pulang ke kampungnya u memenangkan jiwa
* ia ditolak dan dianiaya hampir mati sampai 3x
* akhirnya orang sekampungnya dimenangkan u Tuhan.
Aplikasi:
* Yesus, paulus dan pejuang Yoseph adalah contoh pelayan yg melayani dlm penderitaan. Mereka sungguh2 melayani untuk Tuhan, untuk memenangkan jiwa, untuk mendewasakan iman jemaat.
* Banyak orang (mungkin jg kita) yg merasa melayani Tuhan dlm penderitaan. 
Tapi bila kita jujur . . . Banyak pelayanan yg kita lakukan sebenarnya bukan melayani Tuhan, untuk memenangkan jiwa, tapi kita sebenarnya melayani diri sendiri;
- melayani keinginan2 kita, ego kita, kehausan kita akan jabatan, popularitas, pujian dlsbg. . . .
Lalu ketika semua keinginan itu tidak kita dapatkan . . . Lalu kita menjadi susah dan menderita.
Bukan seperti itu penderitaan yg dialami Paulus dan jg Yesus.
Ia menderita bukan krn haus jabatan, popularitas dan pujian, ia menderita krn ingin memenangkan jiwa bg Tuhan.
Itulah sebabnya Paulus bisa bersukacita sekalipun menderita, krn dipakai Allah u memenang jiwa.
Seperti apakah penderitaan yg saudara alami dlm pelayanan di jemaat Tuhan ini?
Hanya saudara dan Tuhan yg tahu.
Amin.

Hr, gkposksrtini 2014.11.02

Tidak ada komentar: