Translate

20150826

Bertumbuh dalam Regenarasi

2 Timotius 2:2

Apa yang telah engkau dengar dariku di depan banyak saksi, percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, yang juga pandai mengajar orang lain
(2 Timotius 2:2)

Tema PMS GK ke-54,  "Bertumbuh dalam Kristus dgn semangat pelayanan yg berkesinambungan"
Dgn tema ini, sy melihat ada tiga hal pokok yg harus kita pahami, yaitu:

1. Apa itu bertumbuh dlm Kristus?
Dalam ibadah pembuka: pdt Devy sudah menguraikan kpd kita ttg apa itu Bertumbuh dlm Kristus, yaitu bertumbuh dlm pengenalan yg benar akan Kristus, spy kita jangan diombang-ambingkan angin pengajaran.

2. Dengan semangat pelayanan seperti apa kita bertumbuh?
Dalam ibadah pagi, kemarin, pdt. Christ, mengemukakan bahwa semangat pelayanan yg dimaksud adalah sehati sepikir dlm pelayanan. Tentu untuk sampai pd sehati sepikir bukan berarti tidak boleh ada perbedaan pendapat, krn perbedaan pendapat, atau apa pun juga akan memperkaya kita dlm kebersamaan sbg tubuh Kristus.
- buktinya dlm persidangan ini, banyak sekali perbedaan pendapat sblm kita sehati utk memutuskan banyak hal.

3. Bertumbuh dgn semangat pely yg berkesinambungan. Artinya bertumbuhnya harus berkesinambungan...., semangat pelayanannya pun harus berkesinambungan!
Bila tidak berkesinambungan maka pertumbuhannya tdk akan berjalan dgn baik.
Dan jika hsnya sekali-sekali, itu namanya bukan bertumbuh... Mungkin itu hanya letupan saja.
Nah...., Berkenaan dgn pokok yg ketiga ini, yaitu berkesinambungan, tema yg diberkan kpd saya:
"Bertumbuh dalam Regenerasi"
Jadi supaya berkesinambungan maka harus ada regenerasi.
* Saya mengenal satu keluarga, dimana orangtuanya seorang akuntan, dan anak2nya pun menjadi akuntan .....
* dan keluarga seorang dokter, dan anak2nya menjadi dokter bahkan dokter ahli (regenerasi yg bertumbuh)
~> ini berarti, ada regenerasi, keluarga2 ini telah mempersiapkan dgn serius anak2 mereka untuk menjadi akuntan dan menjadi dokter, agar meneruskan dan mengembangkan usaha, pekerjaan, profesi orangtuanya.
Paulus juga secara khusus mempersiapkan orang-orang yang akan meneruskan pelayanannya.
2 Timotius 2:2 (TB) 
* Apa yang telah engkau dengar dari padaku di depan banyak saksi, ~> dari Paulus kpd Timotius dkk.
* percayakanlah itu kepada orang-orang yang dapat dipercayai, ~> dari Timotius kpd jemaat (terpilih: yg dapat dipercaya dan cakap mengajar)
* yang juga cakap mengajar orang lain. ~> dari jemaat terpilih kpd jemaat yg lain
Dari satu ayat ini saja sudah terlihat jelas adanya regenerasi: Paulus ~> Timotius ~> orang yg dpt dipercaya dan cakap mengajar ~> orang2 lain.
Mengapa Paulus mempersiapkan orang2 untuk meneruskan pelayanannya dan Injil yg diberitakannya kpd orang lain, dan juga menasihati Timotius untuk melakukan hal yg serupa?
* krn ia tahu bahwa hidupnya terbatas (pasal 4:6) dan kemampuannya pun terbatas, dan kebenaran Tuhan tidak boleh berhenti diberitakan ketika ia tdk bisa menjaukau orang lain dan ketika ia mati.
2 Timotius 4:6 (TB)  Mengenai diriku, darahku sudah mulai dicurahkan sebagai persembahan dan saat kematianku sudah dekat.
* krn jika pemberitaan Injil dan pelayanan hanya mengandalkan Paulus saja, atau Timotius saja, betapa pun hebatnya dia, bila ia tidak mau mempercayakan itu kpd orang lain, maka Injil dan pelayanan Kristen/gereja tidak akan berkembang. Dan jemaat tidak akan bertumbuh.
- coba perhatikan dan bandingkan; antara jemaat yg bertumpu pada satu atau dua orang (rohaniwan sentris), dgn jemaat yg memberdayakan banyak orang dlm pelayanannya; ~> mana yg lebih bertumbuh?
Itulah sebabnya Paulus menasihati Timotius supaya ia melakukan regenerasi para pelayan dalam pelayanannya supaya Injil makin tersebar, supaya SDM semakin bertambah, orang semakin banyak yg diselamatkan dan supaya gereja semakin bertumbuh dan berkembang dari gerenerasi ke generasi.
(Jelas ini bukan pengajaran sekali tatap muka. Timotius telah cukup lama menjadi anak rohani Paulus hingga ia dapat dipercaya untuk meneruskan pelayanannya. Paulus ingin Timotius melakukan hal yang sama bagi orang lain.)
Pola pelayanan Paulus ini, sebenarnya meniru dan meneruskan pola pelayanan Yesus:
* dari Yesus ke 12 murid, 12 murid ke 72 orang, dari 72 org ke ratusan orang, kemudian ke seluruh dunia dari generasi pertama hingga kita di posmo ini.
Seseorang pernah menghitung. Jika selama hidup kita punya 12 anak rohani, dan tiap anak juga punya 12 anak rohani, dan berlipatganda demikian selama  5 generasi, maka kita akan punya 248.832 keturunan rohani!
Aplikasi:
* Hampir pada setiap pergantian Badan Pengurus Bagian, pergantian Majelis Jemaat, bahkan pergantian BPMS seperti yg kita lakukan dalam persidangan ini kita hampir selalu menghadapi masalah yg sama, yaitu terbatasnya SDM di jemaat kita, sehingga kita selalu bertemu 4L (Loe Lagi, Loe Lagi)
Bila hal ini hampir selalu kita hadapi, bagaimana kita bisa bertumbuh? Bgmn gereja, jemaat, sinode bisa bertumbuh?
Mengapa 4L ini sering kita hadapi?
- karena kita belum mempersiapkan regenerasi dgn baik, shg tidak ada kesinambungan pelayan, semangat dan kwalitas dan pertumbuhan.
Agar gereja dapat bertumbuh dlm Kristus baik dlm kwalitas maupun kwantitas, maka harus ada regenerasi para pelayanan dlm gereja.
Apa artinya melakukan regenerasi atau bertumbuh dlm regenerasi?
* melakukan regenarasi berarti ada upaya sengaja dan serius dalam mempersiapkan para pelayan atau para pemimpin sbg generasi penerus.
- krn pelayan atau pemimpin yg berkwalitas itu tidak dilahirkan tetapi dibentuk, tanpa diperdiapkan tidak akan ada pemimpin secara berkesinambungan.
* Regenerasi juga berarti terjadi pertambahan jumlah, dari orang yg satu, kpd orang yg lain, dan kpd yg lain lagi, dan seterusnya, sehingga jumlahnya dari tahun ke tahun semakin bertambah banyaknya, semakin baik kwalitasnya dan semakin beragam kompetensinya.
* Bila kita telah mempersiapkan regenerasi dgn baik, dengan sengaja dan terencana, maka kita tdk akan menemukan kesulitan atau 4L ketika pergantian BP, Majelis, juga pergantian BPMS, maka dengan begitu kita akan bertumbuh sbg gereja, jemaat dan sinode.
*** Mari kita bertumbuh dgn mempersiapkan regenerasi dgn baik, dengan sengaja dan terencana,
Contoh:
Tager mengatur ketum sinode harus pendeta, maka seharusnya pdt atau rohaniwan sejak awal sudah dipersiapkan utk menjadi pemimpin, pelayan dan pemberita kabar baik, mulai dari hal yg kecil di komisi, pos gereja, jemaat, sampai dengan sinode.
Saudara...., kita dipanggil bukan hanya untuk memimpin, melayani dan memberitakan Injil, tetapi juga kita dipanggil untuk mempersiapkan regenerasi pera pemimpin, pelayan dan pemberita Injil dari waktu ke waktu dalam gereja di mana kita melayani.
Amin!
(Pdt. Handri Rusli, PMS GK 54, 3G Resort 2015.08.20-22)

Tidak ada komentar: